Saturday, February 7, 2009

taman belakang rumah

ternyata baru ku tersadar…aku punya taman..letaknya di belakang rumah…oh..tidak..!!!..telah lama kusia-siakan…telah ku lupa..ku tak pernah peduli…


pagi ini..saat berat hati untuk membuka kelopak mata….akibat lelah diri..terpacu akan rutinitas yang terkadang memuakan…membuat hidup aku statis…stagnan menjalani hari-hari…di timpuk dengan beragam deadline hidup…kerja…janji…teman…kluarga..bos..rekanan…pacar…ingin aku kembali tenggelam dalam tidur panjang…namun pola sirkulasi kehidupan buat aku terjaga..aku masih menggeliat di ranjang…masih memeluk guling..hmmm…nyaman banget…hujan dini hari..desiran angina..dingin..memicu serangan kemalasan…untuk beranjak berdiri…


gelombang alpha menaungiku sekarang…sinar mentari menyelip masuk segaris diantara celah lipatan korden…tepat jatuh ke mataku…mau tidak mau..aku meras terganggu dengan ini…menyentil..tubuhku untuk bergerak…menutup..tapi..wahh…selimutku telah terkulai sukses di lantai…ku tegakkan tubuh ini…dengan geliatan panjang…huhhhh….aku dekati jendela kamar..maksud hati..untuk menutup korden lebih rapat…tapi..wuahhh…mata ini di paksa untuk terbelalak…termangu…diam…tanpa terkontrol otomatis kedua tangan membuka lebar-lebar korden….


oh..taman blakang rumah…nyanyian merdu sang burung…nyaring terdengar…bermain…meloncat kesana kemari…kupu-kupu beterbangan berlomba menghisap sari bunga…cahaya mentari..memantul…jernih..di embun…yang memandikan sekujur tubuh tanaman…basah…


namun…tamanku semrawut…bikin hati teriris…betapa telah lalai ...menyia-nyiaka…terabai…teronggok begitu saja…harusnya rumput kusiangi.. ku rawat bunga dan tetumbuhan mendiaminya…aku tata lingkup nya…mencabuti tanaman liar…membenahi kursi taman yang lemas terpuruk…kulitnay terkelupas...terikat tanaman rambat…lampu taman telah pecah kacanya…entah berfungsi atau tidak…aku benar-benar tidah tahu…kotoran burung menodai eloknya…


aku terbengong melihat ini…ingatan..mengarahkan aku mengingat waktu dulu…inilah tempat aku berbagi…taman ini pernah mempesona aku…untuk bercerita cinta cita…tangisan…tertawa..mimpi..kebahagiaan….duduk di pagi hari…menikmati seruputan kopi…di meja itu ..jadi alas untuk..menulis angan…di sore hari ketika kelelahan menghampiri…kursi malas itu…menyediakan ruangnya…melabuhkan segenap beban dunia di pundak ku…


kusadari alam bawah sadar menggiring aku menuju taman ini..penjelajahan ruang ku mulai..yah..terlalu banyak kenangan tertempel..mengendap di permukaannya….tersenyum aku melihat bunga itu..saat dulu kupetik untuk yang terkasih..bertukar canda tawa di kursi gantung ini…selalu mengguman penatnya hari..di kolam kecil ini kadang cipratan pancurannya.. mengenai muka…yah..pohon besar ini…yang pernah..kujanjikan…keindahan…oh iyah...patung kecil itu…hampir saja aku buang saat…kekasih hati memutus cinta…kilasan masa lalu silih berganti berkelebat….


yup…waktunya aku merawatnya…mempercantik….mengganti kerusakan…menata ulang…menggemburkan tanahnya…merapihkan…saatnya aku mempersilahkan…sang hati..memasuki indahnya taman…ku undang kawan berbagi cerita…mencium harum aroma bunga setaman…


“selamat datang kawan...di taman belakang rumah…”..kuucap kalimat ini…mempersilahkan…dirimu menghabiskan sisa waktu di sibuknya hari…

4 comments:

  1. tiap orang punya kenangan ya... tapi kadang terlupakan begitu saja, kali ini jagalah dia dengan baik, suatu saat kita pasti merindukannya lagi.. hah, ngomong apa akyu ini....

    ReplyDelete
  2. seperti metafora yaa...
    bermula dari taman,, menyadari kelalaian karena sudah mengabaikan tamannya... kemudian mereviewnya... berusaha memperbaiki tamannya... agar taman tersebut bisa dinikmati lagi... bukan hanya oleh pemilik taman,, tapi juga oleh orang lain...

    metafor nya: taman=hati/perasaan

    ada kenangan yang tersimpan di hati... tapi kenangan tinggal kenangan... kemudian ada keinginan atau usaha untuk menata hati... agar hati tersebut bisa diisi oleh seseorang lagi... mungkin seperti kemantapan hati untuk menerima seseorang tersebut...

    keep searchin'...^^ (dimaklumi kalau ternyata interpretasiku salah..^^)

    ReplyDelete
  3. taman...yah...emang sembrawut jadi mari kita tata seperti menata hati agar nyaman dan terhindar dariii......????

    ReplyDelete